Kamis, 10 Mei 2012

6 Superhero dalam The Avengers

Sebagai sebuah proyek besar yang berupaya untuk menyatukan beberapa superheroterkenal dari Marvel dalam satu layar, tentunya The Avengers (2012) punya jalinanbackstory yang cukup kompleks di belakangnya. Apabila Anda berniat untuk menyaksikan film ini tahun depan, ada baiknya Anda menyempatkan diri untuk menonton film-film superhero Marvel terdahulu seperti Iron Man (2008), Iron Man 2 (2010), The Incredible Hulk (2008), Thor (2011), dan Captain America: The First Avenger (2011). Selain memperkenalkan masing-masing karakter superhero yang ada, film-film ini juga berfungsi sebagai pengantar untuk memahami kisah yang nantinya akan dihadirkan dalam The Avengers.


The Avengers sendiri disutradarai oleh Joss Whedon dan ditulis naskahnya oleh Whedon bersama Zak Penn. Selain melibatkan para aktor dan aktris pemeran superhero seperti Robert Downey, Jr., Chris Evans, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, Mark Ruffalo, dan Jeremy Renner, film ini juga melibatkan nama-nama terkenal seperti Samuel L. Jackson, Stellan SkarsgÄrd, Tom Hiddleston, Gwyneth Paltrow, dan Cobie Smulders. Apabila Anda belum mengikuti film-film sebelumnya, ulasan berikut mungkin akan sedikit membantu untuk memahami para karakter superhero yang akan hadir dalam film ini. Berikut adalah enam superhero yang akan hadir dalam The Avengers (2012).

1. Captain America






Mencoba untuk beradaptasi di abad ke-21 setelah menghilang selama 70 tahun bukanlah hal yang mudah, bahkan bagi seorang Captain America sekalipun. Hal ini pula yang menyebabkan karakter Steve Rogers yang hadir dalam The Avengers akan terasa lebih gelap dan muram.

“Dulunya ia adalah seorang prajurit, tentunya, semua orang yang pergi berperang dengannya, semua saudaranya seperjuangannya, semuanya sudah mati,” kata Chris Evans . “Anda harus membayangkan, kenyataan bahwa Anda berada dalam waktu yang sangat berbeda sudah merupakan sebuah kejutan, tapi orang-orang yang Anda kenal semuanya sudah mati. Semua orang-orang yang Anda sayangi.”

Tidak hanya itu, tokoh superhero yang diciptakan di era Perang Dunia II ini juga harus menghadapi kenyataan bahwa dunia yang dikenalnya sudah menghilang. Banyak hal yang sudah terjadi selama ia tidak ada, dan kini ia harus mencoba untuk hdup di zaman modern yang sama sekali asing baginya. “Dia hanya kesepian. Saya pikir awalnya ia seperti ikan yang terpisah dari air, dan ini sangat berat. Ini adalah sesuatu yang tidak mudah diterima olehnya. Kemudian, ia juga harus mencoba untuk menyeimbangkan diri dengan dunia modern,” kata Evans menjelaskan.

Pemeran: Chris Evans
Tanggal Lahir: 13 Juni 1981
Kebangsaan: Amerika Serikat
Film yang Pernah Dibintangi: Cellular (2004), Fantastic Four (2005), Sunshine (2007),Puncture (2011)



2. Hawkeye




Clint Barton alias Hawkeye mungkin masih belum terasa familiar bagi para penonton, tetapi ia sempat muncul sekilas dalam Thor (2011). Karakter yang diperankan oleh Jeremy Renner ini merupakan salah satu tokoh superhero yang merupakan manusia biasa. Kelebihan Hawkeye sebagai seorang superhero adalah akurasinya sebagai seorang pemanah. Tapi, meski dirinya tidak memiliki kelebihan menyolok, Hawkeye tidak pernah rendah diri. “Justru sebaliknya, dia adalah satu-satunya yang bisa melumpuhkan Hulk dengan panah biusnya. Ia tahu batasan-batasan yang dimilikinya. Tapi saat berurusan dengan itu, pastilah ada semacam kepercayaan diri dalam superhero manapun,” kata Renner.

Menurut aktor kelahiran California ini, hubungan Hawkeye di masa lalu dengan Black Widow yang juga sama-sama manusia biasa, turut membantu mendefinisikan karakter sang superhero. “Satu-satunya hal yang saya jadikan pegangan adalah hubungan dari pengalaman-pengalaman di masa lalu dengan karakter yang dimainkan Scarlett, karena mereka berdua sama-sama manusia biasa. Saya bisa berpegang pada hal itu,” tambahnya.

Pemeran: Jeremy Renner
Tanggal Lahir: 7 Januari 1971
Kebangsaan: Amerika Serikat
Film yang Pernah Dibintangi: SWAT (2003), North Country (2005), The Hurt Locker(2008), The Town (2010)

3. Black Widow





Karakter Black Widow alias Natasha Romanoff yang diperankan oleh Scarlett Johansson pertama kali diperkenalkan pada penonton di film Iron Man 2 (2010). Di Stark Industries, Romanoff yang merupakan agen S.H.I.E.L.D. menyamar sebagai seorang pegawai bernama Natalie Rushman. Selain menguasai beberapa bahasa, sebagai Black Widow, Romanoff juga merupakan seorang petarung yang tangguh.

“Black Widow adalah seorang yang ahli dalam perkelahian dengan tangan kosong, dia juga seorang petarung mixed martial arts, memiliki latar belakang dalam bidang tari dan senam, jadi dia menggabungkan semua aspek ini dan menjadi seorang mesin petarung yang hebat,” kata Johansson.

Walau sebelum pembuatan Iron Man 2 para fans sempat ragu dengan kemampuan Johansson untuk berperan dalam sebuah film aksi, aktris seksi ini justru sukses membuktikan bahwa dirinya dapat menjadi salah satu poin menarik dalam film ini. Partisipasi Black Widow dalam The Avengers pun diharapkan akan memberi warna yang berbeda di tengah kisah superhero yang didominasi para pahlawan super yang semuanya adalah laki-laki. Penonton pun dapat berharap banyak karena film ini ditangani oleh Joss Whedon, seorang sutradara yang dianggap piawai dalam menggarap kisah tentang karakter-karakter wanita jagoan.

Pemeran: Scarlett Johansson
Tanggal Lahir: 22 November 1984
Kebangsaan: Amerika Serikat
Film yang Pernah Dibintangi: Lost in Translation (2003), Match Point (2005), The Prestige (2006), Vicky Cristina Barcelona (2008)

4. Thor




Peran Thor dalam The Avengers merupakan sesuatu yang rumit. Di satu sisi, ia memiliki dorongan untuk membela kebenaran, tetapi di saat yang sama, ia harus menghadapi kenyataan bahwa tokoh yang menyebabkan terjadinya kekacauan adalah Loki yang merupakan saudaranya sendiri. Akibatnya, peperangan ini menjadi sesuatu yang sangat personal baginya.

“Saya pikir motivasinya lebih ke arah urusan pribadi, karena yang mengakibatkan pergolakan adalah saudaranya sendiri. Sementara itu bagi orang-orang lain, urusan mereka hanyalah soal mengalahkan seorang tokoh penjahat. Buat saya ataupun buat Thor ini adalah pendekatan yang berbeda,” kata Chris Hemsworth.

Meski ia dan para anggota The Avengers harus bertarung untuk mengalahkan Loki, instingnya sebagai seorang kakak membuat Thor terdorong untuk melindungi sang adik secara sembunyi-sembunyi. ”Dia selalu berada dalam konflik, ia harus berperang demi kepentingan orang banyak, tapi yang dilawannya adalah adiknya sendiri,” tambahnya.

Pemeran: Chris Hemsworth
Tanggal Lahir: 11 Agustus 1983
Kebangsaan: Australia
Film yang Pernah Dibintangi: Star Trek (2009), A Perfect Getaway (2009), Ca$h (2010)

5. Hulk





Dalam kisah reboot The Incredible Hulk (2009), tokoh superhero bertubuh hijau ini diperankan oleh Edward Norton. Namun, untuk The Avengers, Marvel memutuskan untuk memberikan peran ini pada Mark Ruffalo. “Keputusan kami jelas tidak didasarkan pada faktor uang, tapi berakar pada kebutuhan akan seorang aktor yang dapat menyelami kreativitas dan semangat kolaborasi dari para pemeran yang berbakat ini,” kata juru bicara dari Marvel .

Dalam perannya sebagai Bruce Banner, Ruffalo menjelaskan bahwa ada hubungan yang cukup menarik yang terjadi antara karakter yang diperankannya dengan karakter Tony Stark. “Ini lucu, karena ada dinamika yang menarik antara Tony Stark dan Banner. Banner bahkan menikmati itu, dan ia menemukan bahwa hal ini sangat menyegarkan. Mereka berdua mirip dalam cara yang aneh. Mereka berdua sama-sama sejenis ilmuwan nyentrik, semacam pemberontak. Banner, meski dikenal sebagai pria yang berperilaku halus, tetaplah seorang pria yang menguji coba macam-macam zat aneh pada dirinya sendiri, jadi ia memiliki sifat pemberontak dalam dirinya,” kata Ruffalo.

Banner pun sebenarnya sangat ingin bergabung dengan The Avengers, tapi latar belakang dan kehadirannya sebagai Hulk membuat para anggota kelompok yang lain menjadi enggan berdekatan dengannya. “Dia adalah yang paling manusiawi, tapi juga seorang yang mudah lepas kendali. Tidak ada yang mau mengganggunya kecuali Iron Man, kecuali untuk Downey, yang ingin sekali melihatnya marah.”

Pemeran: Mark Ruffalo
Tanggal Lahir: 22 November 1967
Kebangsaan: Amerika Serikat
Film yang Pernah Dibintangi: Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004), Collateral(2004), Zodiac (2007), The Kids Are All Right (2010)



6. Iron Man




Diantara para anggota The Avengers yang lain, Iron Man merupakan karakter yang paling dikenal oleh para penonton. Kesuksesan Iron Man (2008) dan Iron Man 2 (2010) bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng, karena membuat film adaptasi komik yang bagus memang tidak mudah.

Peran keluarga Stark dalam keseluruhan rangkaian cerita pun cukup signifikan. Ayahnya, Howard Stark, turut ambil bagian dalam program prajurit super yang akhirnya menciptakan sosok Captain America. Tony Stark sendiri sempat tampil sebagai cameo dalam The Incredible Hulk dan memberi petunjuk pada Jenderal Ross akan adanya pembentukan The Avengers.

Menurut Robert Downey, Jr., dalam The Avengers, Tony Stark akan tetap melanjutkan karakternya seperti yang telah dikembangkan di dua film terdahulu. “Seperti biasa, benar-benar agresif dan nyelekit; apalah itu. Seperti biasanya saja,” kata Downey.

Pemeran: Robert Downey, Jr.
Tanggal Lahir: 4 April 1965
Kebangsaan: Amerika Serikat
Film yang Pernah Dibintangi: Wonder Boys (2000), Kiss Kiss Bang Bang (2005), A Scanner Darkly (2006), Sherlock Holmes (2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar