Selasa, 07 Februari 2012

Perayaan Valentine Day di berbagai negara




1. Amerika
Perayaan valentine ditandai dengan saling bertukar kartu. Ada banyak jenis kartu yang diberikan saat perayaan hari kasih sayang selama bertahun-tahun. Bukan hanya kartu-kartu berhias indah dan berisi kata-kata asmara , tapi juga yang berisi humor-humor kejam. Tak jarang orang-orang berkreasi sendiri membuat kartu valentine untuk diberikan pada orang-orang tercinta.

2. Austria
Di Austria ada sebuah tradisi masa perkenalan, yang mungkin sama artinya dengan hari valentine. Di acara ini para muda mudi menunjukkan cinta mereka dengan memberikan bunga untuk menandai hari valentine.

3. Inggris
Di Inggris dapat ditemukan berbagai versi kisah cinta yang diungkapkan untuk menyambut hari valentine. Di negeri ini saat hari valentine tiba majalah-majalah akan menerbitkan soneta dan puisi untuk memperingatinya.

4. Denmark
Valentine menjadi hari yang ditunggu masyarakat Denmark usia 16-30 tahun. Beberapa tradisi yang popular di Denmark, antara lain :
-Lover Card. Kartu berbahan transparan ini jika di dekatkan lampu akan muncul gambar pengirim dengan hadiah ditangannya, selain itu, ada pula yang dibuat mengeluarkan musik. Wah, boleh juga ya…
-Bunga putih. Simbol cinta di Denmark adalah bunga putih alias
snowdrop. Bunga ini ditujukan untuk teman, keluarga dan pasangan.
- Joke letter. Cowok Denmark punya tradisi menulis puisi lucu (Gaekkebrev) yang akan diberikan pada cewek yang dia suka. Dalam puisi tersebut, si cewek harus menebak nama pengirimnya. Petunjuknya adalah, satu titik huruf yang ada pada namanya

5. Perancis
Di Perancis ada sebuah tradisi unik di hari valentine. Para lanjang masuk rumah dan saling berhadapan dan mulai saling memanggil dari satu jendela ke jendela lainnya dan berpasangan dengan seseorang yang mereka pilih. Jika seorang pria tidak menyukai pasangannya dia akan meninggalkan wanita ini. Selanjutnya ada acara api unggun di mana wanita yang ditinggalkan akan membakar foto pria ini dan meneriakkan makiannya. Karena acara ini membutuhkan banyak ruang dan kadang disalahgunakan, pemerintah Perancis menetapkan tidak ada lagi acara memanggil pasangan valentine.
Di negeri ini juga ada tradisi mengirimkan kartu yang disebut cartes damities yang berisi pesan-pesan indah.

6.Jerman
Di Jerman ada tradisi bagi pria muda dan kekasihnya untuk saling menunjukkan kasih sayang mereka dengan mengirim bunga di hari valentine. Biasanya juga disertai dengan kartu berisi kata-kata indah. Pria-pria Jerman juga memberikan bunga mawar, cokelat dan lain-lainnya sebagai hadiah valentine untuk istrinya.

7. Italia
Di Italia hari valentine dirayakan sebagai bagian dari Festival Musim Semi dan digelar di tempat terbuka. Kaum muda berkumpul di lapangan berbunga atau ornamen taman, di mana mereka mendengarkan musik dan pembacaan puisi. Lalu mereka jalan-jalan dengan pasangan valentine-nya berduaan di taman. Tapi sayang, tradisi ini sudah tidak dilakukan lagi selama beberapa abad.
Di Turin, salah satu kota di Italia ada sebuah tradisi di mana pasangan yang bertunangan mengumumkan pertunangan mereka di hari valentine.

8. Roma
Di Roma hari valentine dinamakan Lupercalia, di hari ini jadi saat yang sangat romantis dan menyenangkan bagus sepasang kekasih.

9. Skotlandia
Di Skotlandia perayaan hari valentine dilakukan dengan sebuah festival. Di festival ini dihadiri sejumlah remaja pria dan wanita yang belum menikah , di mana masing-masing menuliskan nama di kertas kecil, lalu menggulungnya. Kertas itu dikumpulkan di dua topi, satu untuk pria dan satu untuk wanita. Dan tiap orang mengambil satu-satu. Setelah menemukan pasangan, semua diminta tetap pada pasangan yang telah didapat, meski mungkin mereka tidak merasa cocok.
Ada tradisi lain di Skotlandia di hari valentine, di mana menemukan pasangan valentine dengan pria atau wanita lajang yang pertama kali berjalan di sampingnya di jalan umum, atau di manapun.

10. Spanyol
Di Spanyol ada tradisi di mana pasangan saling bertukar hadiah dan untuk para suami mengirimi istri mereka sebuket bunga.

11. Jepang
Valentine dirayakan berbeda di negeri matahari terbit ini. Dalam setahun, valday dirayakan sebanyak dua kali. Tepatnya pada 14 Februari atau valentine’s day, dan 14 Maret, yaitu white day. Pada valday, cewek Jepang memberi coklat hon-mei dan giri-choco (untuk teman dan
keluarga). Kebanyakan dari mereka membuat coklat itu sendiri. Kemudian white day, yang merupakan hari dimana para cowok Jepang membalas coklat yang mereka terima pada valday dengan kado atau coklat serba putih. Dari coklat ini perasaan dapat terlihat. Jika para cewek memberi kado atau coklat yang biasa pada cowok berarti ia hanya
menganggapnya teman, dan sebaliknya.

12. Korea dan Taiwan
Baik di Korea maupun di Taiwan, warna cokelat seperti di Jepang itu tidak ada. Namun, sebagai pengaruh dari Jepang salah satu barang yang dihadiahkan adalah cokelat. Tetapi, di Taiwan pemberi cokelat kebanyakan adalah laki-laki. Di Taiwan ada acara yang mirip dengan perayaan Valentine Day di China yang disebut TANABATA yang jatuh pada tgl 7 Juli menurut kalender bulan (bulan Agustus).
Di Taiwan jika pada hari White Day, hadiah dari kaum pria juga ada. Di Korea White day-nya sama dengan Jepang, namun akhir-akhir ini bagi kalangan muda yang tidak menerima apa-apa pada tanggal 14 April maka mereka makan Chajanmen seorang diri sebagai BLACK DAY. Untuk itu, pada saat ini restoran China mempromosikan secara besar-besaran. Kondisi tersebut biasanya membuat pedagang selalu menghubung- hubungkan dengan tanggal 14 setiap bulannya untuk mempopulerkan sesuatu.

13. Afrika Selatan
Ada tradisi unik merayakan valday di Afrika Selatan. Namanya, festival Lupercalia. Remaja cewek dan cowok bakal menyematkan nama kekasih mereka di lengan baju. Selain itu, event valday dihabiskan dengan berkunjung ke taman suaka marga satwa atau cagar alam bersama keluarga dan teman. Rafting dan hiking termasuk dua kegiatan paling favorit.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar