Selasa, 17 Januari 2012

Makanan meningkatkan daya ingat

4 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat



Pastinya kita semua akan merasa khawatir saat kemampuan otak mulai menurun. Meskipun proses penuaan akan terjadi secara alami dan seiring waktu –salah satu ciri penuaan adalah berkurangnya jumlah sel otak, namun suatu penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan tertentu dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat.

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui, bahwa makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari ternyata memiliki manfaat yang begitu besar, termasuk salah satunya yang berhubungan dengan peningkatan fungsi otak. Sayuran, buah-buahan dan biji-bijian merupakan contoh bahan makanan sehat dan salah satu fungsinya untuk mencegah degradasi fungsi otak. Namun, terdapat bahan makanan yang secara spesifik bekerja lebih efektif dalam menjaga ingatan dan meningkatkan kemampuan otak. Berikut ini 4 makanan yang barangkali belum Anda ketahui fungsi vitalnya bagi otak.

1. Ikan Sarden

Ikan sarden mengandung lemak polyunsaturated atau lemak tidak jenuh. Dari beberapa penilitian yang telah dilakukan, ikan sarden terbukti dapat meningkatkan daya ingat secara cepat. Salah satu studi yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki level omega-3 yang tinggi dalam tubuh, cenderung tidak rentan terkena penyakit atau kelainan yang berkaitan dengan fungsi otak terutama daya ingat seperti dementia atau al-zheimer dan lain lain. Sarden juga mengadung minyak omega-3, yang mengurangi inflamasi sel yang menyebabkan penurunan daya ingat. Selain sarden, makanan lain yang kaya akan omega-3 adalah salmon, ikan ‘pecak’, ikan haring, dan ikan air tawar. Konsumsi makanan yang kaya akan omega-3 setidaknya 3 kali dalam seminggu, untuk menjaga performa otak Anda.

2. Blueberry

Dalam buah blueberry terdapat kandungan antioksidan yang tinggi, yang sangat membantu melindungi otak. Selain itu, blueberry juga mengandung anthocyanin –jenis phytochemical yang membantu meningkatkan daya ingat. Selain baik untuk otak, blueberry juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan, karena memperlambat proses penuaan dengan menunda proses oksidasi dan melawan radikal bebas, yang selama ini dihubungkan dengan masalah penurunan daya ingat. Blueberry juga merupakan sumber flavonoid –kandungan alami yang dapat meningkatkan ruang ingatan dan kemampuan belajar. Untuk mengetahui manfaat blueberry lebih jauh Anda dapat membaca artikel berikut.

3. Kopi

Siapa sangka bahwa kandungan kafein pada kopi sangat kita butuhkan saat pagi hari, kopi ternyata memiliki manfaat jangka panjang berkaitan dengan deya ingat, khususnya bagi wanita. Suatu studi menemukan bahwa wanita yang berusia 65 tahun keatas dan secara rutin mengkonsumsi 3 gelas kopi setiap hari, ternyata 33% lebih tidak rentan terhadap masalah daya ingat. Selain itu kopi juga meningkatkan aktivitas otak di bagian otak yang bertanggung jawab akan daya ingat.

4. Bayam

Bayam mengandung asam folad yang tinggi, yang telah terbukti melindungi dari penyakit Alzheimer –penyakit gangguan daya ingat. Bayam juga mengandung banyak antioksidan dan komponen lain yang berperan untuk melindungi sel otak dari kerusakan. Banyak studi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi, akan mempercepat kemampuan otak dalam memproses suatu informasi dan kemampuan mengingat. Mengkonsumsi setengah mangkok bayam setia hari akan memenuhi 2/3 kebutuhan asam folat tubuh meningkatkan daya ingat, makanan yang dapat meningkatkan daya ingat, makanan untuk meningkatkan daya ingat, makanan yang meningkatkan daya ingat, makanan meningkatkan daya ingat, makanan yang menambah daya ingat, makanan untuk menambah daya ingat, makanan yang dapat menambah daya ingat, makanan untuk daya ingat, memperkuat daya ingat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar